DEFINISI PENDIDIKAN

Pendidikan secara umum adalah sebagai suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak dan budi mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pada intinya pendidikan adalah suatu proses yang disadari untuk mengembangkan potensi individu sehingga memiliki kecerdasan pikir, emosional, berwatak dan berketerampilan untuk siap hidup ditengah-tengah masyarakat.
Pendidikan yang merupakan proses berlangsungnya terhadap anak didik hingga mencapai dewasa susila dalam arti ia sepenuhnya mampu bertindak sendiri bagi kesejahteraan hidupnya dan masyarakatnya.
Pendidikan juga berarti sebagai proses hidup manusia dengan kesadarannya melakukan interaksi terhadap peserta didik yang berlangsung seumur hidup sesuai tujuan yang akan dicapai melalui transfer ilmu, budaya, dan transfer nilai (baik-buruk, benar-tidak, indah-tidak indah).

Pengrtian pendidikan juga dikemukakan oleh para ahli yang diantaranya :
• J.J. Rousseau
Pendidikan yaitu sebagai bekal atau pembekalan kita yang tidak ada pada masa kanak-kanak, akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa. Dewasa dalam arti bertanggung jawab terhadap diri sendiri secara biologis, psikologis, paedagogis, dan sosiologi.
• John Dewey
Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia.

B. Prinsip Dasar dan Tujuan Pendididkan
Prinsip dasar dari pendidikan adalah untuk memanusiakan manusia, mengembangkan potensi dasar peserta didik agar berani dan mampu menghadapi problema yang dihadapi tanpa rasa tertekan, mampu, dan senang meningkatkan fitrahnya sebagai khalifah di muka bumi, sehingga terdorong untuk memelihara diri sendiri maupun hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa.
Tujuan pndidikan melalui proses pelaksanaan pendidikan di sekolah guru memiliki peranan yang membimbing anak agar mencapai tujuan yang diharapkan, dimana semuanya sangat menentukan terhadap keberhasilan anak dalam mencapai tujuan adanya perubahan tingkah laku siswa sebagai hasil belajar.

Komentar